Manfaat Search Engine pada Web

3:01 AM 0 Comments

Jika dibahasakan ke dalam Bahasa Indonesia, Search engine merupakan Mesin Pencari. Sesuai namanya, mesin pencari ini memiliki kemampuan untuk mencari informasi atau data yang ada di internet berdasarkan perintah atau query (kueri) yang diketikkan atau dimasukkan oleh pengguna (orang yang mencari melalui search engine). Jadi, cara kerja search engine ini adalah kita memasukkan kata kunci atau kalimat ke dalam kotak pencarian yang disediakan, kemudian search engine yang akan mencari data di seluruh dunia internet tentang kata kunci yang kita input.

Search engine ini biasanya sudah terintegrasi dengan berbagai macam browser modern (umumnya ada di kotak di bagian pojok kanan atas) dan ada pula yang tersinkron dengan baik denganComputer Operating System seperti Google Chrome OS.
Search engine sejatinya adalah program komputasi yang dibangun sedemikian-rupa untuk mencari file atau halaman pada laman publik atau yang tidak terproteksi. Misalnya ketika Anda mencari informasi “manfaat dari penggunaan search engine” melalui Google hingga sampai pada halaman yang sekarang Anda baca ini. Seperti itulah prakteknya sebuah mesin pencari ðŸ˜€
Hasil pencarian (search results) yang dimunculkan dari hasil pencarian search engine umumnya berbentuk list dan berbentuk grid jika yang dicari adalah gambar. Hasil pencarian umumnya akan menampilkan 10 web teratas berdasarkan tingkat relevansinya dengan kata kunci. Sehingga para webmaster umumnya juga mempelajari Search Engine Optimization (SEO) agar web mereka tampil di 10 besar halaman pertama pencarian tersebut.
Saat ini, kebanyakan search engine dimiliki dan dioperasikan oleh perusahaan besar di dunia. Sebut saja Google dan Bing (milik Microsoft). Meski demikian, ada juga search engine yang menganut sistem Open Source seperti opensearchserver.com, sphinxsearch.com, seekquarry.com, opensemanticsearch.org, Apache Solr -, xapian.org dan lain-lain.

SUMBER : http://www.needsindex.com/12032206/macam-macam-search-engine-dan-manfaatnya.php#

Lebih baik tidak dikenal sama sekali daripada terkenal karena kebusukan dan keburukan

0 komentar: