Macam-Macam Search Engine Pada Web

3:06 AM 0 Comments

Sebelum kita memasuki topik manfaat layanan www search engine, sebaiknya kita juga sedikit-banyak tahu seperti apa sih sistem kerja dari suatu mesin pencari (Search Engine).
Search engine memiliki mekanisme kerja berupa crawling (mengambil data suatu web), storing (menyimpan data tersebut, kemudian displaying (menampilkan hasil sesuai kata kunci yang diminta berdasarkan data yang tersimpan dari hasil crawl). Crawling ini lah yang berfungsi sebagai analisa untuk menentukan seperti apa suatu web bisa terindex. Seperti title, subtitle hingga meta tag tertentu. Seperti halnya Google yang menyimpan data dari suatu website, baik keseluruhan atau hanya sebagain saja hingga menghasilkan cache.
Selain berupa teks, macam macam mesin pencari juga bisa menganalisa data lain seperti gambar (dengan alt), tautan (dengan title), video, dokumen dan lain-lain yang terus diperbaharui seperti data artis/orang penting, film, buku dsb. Ketika kita membuka search engine lalu mengetikkan kata kunci/query di sana, search engine akan mencari index di database mereka sesuai dengan parameter yang sudah ditetapkan. Hasilnya berupa judul, deskripsi singkat dan URL halaman tersebut.
Tapi ada juga loh mesin pencari yang tidak menggunakan data index (tidak menyimpannya), seperti halnya Orase. Jadi, hasil pencarian yang muncul hanya akan tampil jika kita mengetikkan kata kunci secara real time. Sistem dengan format real time ini memiliki kelebihan berupa informasi terbaru, link yang muncul adalah tautan yang hidup (bukan not found) dan source yang lebih hemat. Bandingkan dengan Google misalnya, Google menyimpan dulu baru diolah. Sehingga tidak heran jika perbandingan penggunaan komputer untuk server, Google memakai 100ribu komputer sedangkan sistem pencarian real time miliki Orase cukup satu komputer saja). Kelemahan real time ini adalah lamanya waktu proses pencarian mengingat mereka hanya bekerja jika ada yang mengetikkan; tidak seperti Google yang seketika muncul.

SUMBER : http://www.needsindex.com/12032206/macam-macam-search-engine-dan-manfaatnya.php

Lebih baik tidak dikenal sama sekali daripada terkenal karena kebusukan dan keburukan

0 komentar: