Posisi Navigasi Pada Web

4:38 AM 0 Comments

Posisi sebuah navigasi ternyata turut menentukan sukses atau tidaknya sebuah navigasi. Pada posisi yang tepat, sebuah navigasi dapat membuat pengunjung lebih mudah menelusuri situs Web.
1.       Top Navigation (Navigasi di atas)
Navigasi ini cocok diterapkan pada situs-situs portal dengan banyaknya menu atau fasilitas yang ditawarkan. Navigasi ini cukup menghemat tempat dibandingkan dengan navigasi pada bagian lain. Umumnya (pada situs portal), navigasi ini hanya menggunakan teks tanpa icon atau image. Dikarenakan menghemat tempat, kolom kiri atau kanan situs dapat digunakan untuk banner.
2.       Left Navigation (Navigasi di kiri)
Bila menu situs Anda tidak begitu banyak, navigasi di sebelah kiri lebih cocok dipergunakan. Navigasi pada posisi ini menawarkan banyak kreasi-kreasi yang berlainan, Anda dapat menggunakan Icon atau animasi agar lebih “eye-catching”. Pengunjung akan mudah terbiasa dengan tampilan menu di bagian kiri, karena mereka sudah terbiasa dengan tampilan menu disebelah kiri pada OS mereka.
3.       Right Navigation (Navigasi di kanan)
Navigasi ini jarang dipergunakan untuk menu utama, biasanya bagian kanan lebih sering dipergunakan untuk menampilkan fitur-fitur dari menu utama.
4.       Free Navigation (Navigasi bebas)
Navigasi ini dapat terletak pada bagian-bagian lain dari sebuah situs, navigasi ini sering dipergunakan pada situs-situs dengan menggunakan animasi Flash. Saran saya dalam menampilkan navigasi ini, beri penekanan pada pengunjung bahwa bagian tersebut adalah navigasi misalnya dengan menggunakan movie yang berada disekitar navigasi, Anda dapat menggunakan cara lain, yang terpenting tonjolkan navigasi tersebut.


Lebih baik tidak dikenal sama sekali daripada terkenal karena kebusukan dan keburukan

0 komentar: