Contoh Teknologi Web 2.0

6:24 PM 2 Comments

1. Wikipedia
Wikipedia adalah proyek ensiklopedia multibahasa dalam jaringan yang bebas dan terbuka, yang dijalankan oleh Wikimedia Foundation,sebuah organisasi nirlaba yang berbasis di Amerika Serikat. Nama Wikipedia berasal dari gabungan kata wikidam encyclopedia. Wikipedia dirilis pada tahun 2001 oleh Jimmy Wales dan Larry Sanger, dan kini merupakan karya referensi paling besar, cepat berkembang, danpopular di internet. Proyek Wikipedia bertujuan untuk mengumpulkan seluruh ilmu pengetahuan manusia.  Wikipedia menyediakan link ke referensi yang menjadi referensi penulisan kontennya. Bila kita tidak menemukan yang kita cari maka kita dengan mudah menambahkan ke wikipedia sehingga dapat membantu pengguna lain yang mencarinya. Bila konten yang kita peroleh kurang lengkap maka kita juga dapat menambahkan isinya dengan mudah.
Contoh situs:
2. Blog
Blog adalah aplikasi web yang memudahkan seseorang untuk mempublish berita, ide, cerita, pendapat, dan tulisan-tulisan di internet agar dapat dibaca kembali oleh orang lain ataupun untuk konsumsi pribadi. Dengan blog seseorang bisa menuangkan semua isi pikirannya kedalam suatu web aplikasi yaitu blog dan dapat diakses darimana saja melalui internet karena blog merupakan website dengan bentuk khusus untuk memudahkan menulis konten. Untuk mengakses blog sama saja dengan mengakses website yang lain yaitu menggunakan browser seperti Internet Explorer, Firefox, dll. Berikut adalah contoh kegunaan blog bagi pengguna internet:
  • Suatu perusahaan menggunakan blog untuk menulis perkembangan perusahaannya baik berita, event, atau review produk terbaru. Dengan blog maka konsumen dapat mengikuti perkembangan perusahaan sehingga konsumen dapat lebih mengenal perusahaan dan tentu dapat membuat seorang konsumen menjadi pelanggan.
  • Programmer menggunakan blog untuk menuliskan teknik dan pengetahuannya dalam pemrograman. Blog ini bukan sekedar berbagi pengetahuan tetapi terkadang juga mencatat info atau ilmu yang baru ditemukan dan bisa dijadikan referensi oleh programmer bila sewaktu-waktu dibutuhkan. Programmer juga bisa menunjukkan kemampuannya dengan menulis pengetahuannya tentang pemrograman sehingga orang lain mengetahui bahwa sang programmer tahu dan mampu melakukan apa yang ditulisnya pada blog. Kegunaan blog seperti ini juga sama dengan praktisi lain seperti arsitek, dokter, teknisi, dan profesi lainnya.
  • Penulis menggunakan blog untuk menuangkan ide, cerita, dan karya tulis yang kemudian di publish di internet untuk dibaca oleh pengguna internet lainnya ataupun hanya sekedar disimpan untuk konsumsi pribadi.
Contoh situs:
3.Social Network Services
Social network services (layanan jaringan social) adalah layanan yang ada di internet dimana mengijinkan anggotanya untuk saling berinteraksi dengan member lainnya yang berada di belahan dunia lainnya. Seseorang dapat berinteraksi dengan pengguna lain seperti chating, kirim pesan, komentar atau testimonial. Pengguna juga dapat mempublish profil dirinya dan melihat profil orang lain kemudian diajak bertaman dan selanjutnya berinteraksi lebih jauh dengan temannya itu. Tiap pengguna bisa mengajak berkenalan orang lain yang ditemuinya di jaringan temannya, atau dari sumber lainnya tanpa benar-benar tahu siapa orang tersebut. Dengan demikian seseorang dapat mengembangkan jaringan sosialnya hanya melalui internet.
Contoh situs:
4. Folksonomy
Folksonomy adalah sebuah metode untuk menciptakan dan mengatur tag yangmenjelaskan dan mengategorikan content. Tag tersebut umumnya merupakanhyperlink yang akan mengarahkan Anda pada sekumpulan item yangberhubungan dengan tag tersebut. Bentuk tag tidak selalu harus berupa teks,tetapi dapat juga berupa image. Sekumpulan tag yang saling terkait denganpersamaan bentuk sering juga disebut tag cloud, umunya tag cloud memiliki 30hingga 150 tag.
Contoh situs:
5. Video Internet
Video internet adalah sebuah layanan yang diberikan kepada user agar dapatberkreativitas dengan video. User dapat membuat video buatan sendiri kemudianmemuatnya sehingga dapat disaksikan oleh jutaan penonton di seluruh dunia.
Contoh situs”
6. RSS
RSS merupakan suatu konsep content sharing melalui internet. Konten yang dimaksud adalah tulisan-tulisan yang dibuat melalui blog, website, atau aplikasi web lainnya. Konten di sharing dengan standarisasi bentuk dimana format datanya berupa XML dengan skema sesuai standar RSS yang telah ditentukan. Dengan RSS maka tulisan dapat dengan mudah diakses dengan beberapa aplikasi RSS Reader. Kebanyakan konten dari RSS sebenarnya bisa diakses dari website langsung tapi dengan RSS maka pembaca tidak perlu membuka satu persatu website yang akan dikunjungi cukup dengan RSS Reader seperti Mozilla Thunderbird, Google Reader, dan RSS Reader lainnya maka kita dapat mendownload semua berita terbaru dari setiap website yang menyediakan RSS Service dan telah kita daftarkan sebelumnya pada RSS Reader kita hanya dengan 1 klik. Semua berita terbaru langsung dapat muncul pada 1 window. Tidak perlu membuka website satu persatu untuk mengecek berita terbaru.
7. POD Cast
POD Cast merupakan konsep yang sama dengan RSS. Namun bila RSS membagikan konten berupa tulisan maka POD Cast membagikan konten berupa audio. Dengan POD Cast maka kita dapat menerima dan mendengar file Audio yang dibagikan dengan cara yang sama RSS dibagi. Jadi hampir semacam radio tetapi terbagi-bagi dalam beberapa file. Isinya biasanya berupa interview seseorang, pengenalan produk oleh seseorang, atau pidato dan sebagainya.
8. Video Cast
Video Cast sama dengan saudaranya POD Cast dan RSS. Namun yang membedakan adalah bentuk kontennya. Video Cast merupakan konsep pembagian konten atau info dalam bentuk video. Contohnya pengenalan sistem operasi handphone yang dilakukan oleh google yaitu OS Android.

SUMBER :

Lebih baik tidak dikenal sama sekali daripada terkenal karena kebusukan dan keburukan

2 comments: