Tipe Breadcrumb Links

11:20 PM 0 Comments

da dua tipe Breadcrumb Links dalam menangani Breadcrumb Links di aplikasi berbasis web, yaitu:
  1. Navigasi Lokasi Halaman di Struktur Menu
    Breadcrumb Links ditampilkan dalam struktur hirarki menu di mana halaman tersebut berada. Artinya, link ke halaman induk dari halaman yang sedang terbuka akan ditampilkan di Breadcrumb Links berdasarkan hirarki halaman tersebut ditempatkan dalam struktur menu. Pengguna dapat langsung melompat ke menu induk atau menu yang ada di atasnya dari Breadcrumb Links tersebut.
    Contoh: Halaman atau sub-menu “Pegawai” ditempatkan di bawah menu: “Sumber Daya”, maka Breadcrumb Links akan ditampilkan menjadi: “Beranda > Sumber Daya > Pegawai”. Link akan terdapat di kata “Beranda” dan “Sumber Daya”, sehingga memungkinkan pengguna dapat langsung melompat ke menu induk atau menu yang berada di atasnya. Jadi, link ke menu “Sumber Daya” akan ditampilkan tanpa harus membuka terlebih dahulu menu induknya.
    Keuntungan dari tipe ini, pengunjung dapat mengetahui dengan cepat lokasi dari halaman yang sedang dikunjungi berdasarkan struktur menu di aplikasi web tersebut. Artinya, informasi yang terdapat di Breadcrumb Links benar-benar sesuai dengan struktur menu aplikasi, dan yang pasti, akan lebih masuk akal dibandingkan dengan Breadcrumb Links tipe yang kedua di bawah ini.
    Kelemahannya, Web Developer harus mengelola secara khusus data Breadcrumb Links. Misalnya dengan menyediakan tabel khusus untuk menyimpan record-record Breadcrumb Links tersebut. Selain itu, jika lokasi halaman tersebut di struktur menu berubah (misal dipindahkan ke induk menu yang lainnya), maka data Breadcrumb Links juga harus ikut disesuaikan secara manual (tidak otomatis).
  2. Link untuk Halaman Master/Detail
    Breadcrumb Links terdiri atas link ke setiap halaman yang telah dikunjungi sebelumnya hingga bisa mendapatkan halaman yang sedang dikunjungi oleh pengguna. Artinya, link yang ditampilkan di Breadcrumb Links hanya akan muncul jika pengguna sudah pernah mengunjungi halaman Master dari halaman Detail yang sedang terbuka. Itulah mengapa saya istilahkan dengan Link untuk Halaman Master/Detail.
    Contoh: Halaman “Detail Pesanan” merupakan detail dari halaman “Pesanan” (master). Ketika pengunjung langsung membuka halaman “Detail Pesanan”, maka Breadcrumb Links yang akan ditampilkan adalah: “Beranda > Detail Pesanan”. Tapi, jika seandainya pengguna membuka terlebih dulu halaman master-nya (Pesanan), kemudian dari halaman “Pesanan” tadi mengklik link untuk menampilkan data detailnya, maka Breadcrumb Links akan menampilkan: “Beranda > Pesanan > Detail Pesanan”.
SUMBER : http://www.masinosinaga.com/web-development/breadcrumb-links-navigasi-untuk-lokasi-halaman-di-struktur-menu-atau-navigasi-untuk-halaman-master-detail/

Lebih baik tidak dikenal sama sekali daripada terkenal karena kebusukan dan keburukan

0 komentar: