Pengertian HTTP, HTML, Internet, Web Server, Browser, Transactions

5:44 AM 1 Comments

Pengetian HTTP, HTML, Internet, Web Server, Browser, Transactions merupakan masuk kedalam kategori Protokol yang berbasis dalam internet, dibawah ini dibahas secara singkat pengertian HTTP, HTML, Internet, Web Server, Browser, Transactions. 

·             HTTP
            HTTP merupakan singkatan dari HyperText Transfer Protocol. HTTP adalah sebuah protokol untuk melakukan akses antara client dan server. Client dan server masing-masing saling menerima dan menjawab request keduanya. Sebuh client HTTP seperti web browser, biasanya memulai permintaan dengan membuat hubungan TCP/IP ke port tertentu di tempat yang jauh (biasanya port 80 atau 8080). Sebuah server HTTP yang mendengarkan di port tersebut menunggu client mengirim kode permintaan (request) yang akan meminta halaman yang sudah ditentukan, diikuti dengan pesan MIME yang memiliki beberapa informasi kode kepala yang menjelaskan aspek dari permintaan tersebut, diikut dengan badan dari data tertentu.

·              HTML
            Hyper Text Markup Language (HTML) adalah sebuah pemrogramman yang digunakan untuk membuat sebuah halaman web, menampilkan berbagai informasi di dalam sebuah web browser yang biasa kita gunakan sepertian internet dan pemformatan hiperteks sederhana yang ditulis dalam berkas format ASCII agar dapat menghasilkan tampilan wujud yang terintegerasi. Berawal dari sebuah bahasa yang sebelumnya banyak digunakan di dunia penerbitan dan percetakan yang disebut dengan SGML (Standard Generalized Markup Language), HTML adalah sebuah standar yang digunakan secara luas untuk menampilkan halaman web. HTML saat ini merupakan standar internet yang didefinisikan dan dikendalikan penggunaannya oleh World Wide Web Consortium (W3C).

·              INTERNET
           Internet (interconnection-networking) adalah seluruh jaringan komputer yang saling terhubung menggunakan standar sistem global (Transmission Control Protocol/Internet Protocol Suite) (TCP/IP) sebagai protokol pertukaran paket (packet switching communication protocol) untuk melayani miliaran pengguna di seluruh dunia. Maka dari itu rangkaian jaringan yang terhubung yang terbesar dinamakan internet. Cara menghubungkan rangkaian seperti ini dinamakaninternetworking.

·              WEB SERVER
          Web Server adalah tempat transfer data atas permintaan pengguna melalui protokol komunikasi yang telah ditentukan. Di dalam sebuah halaman web dapat terdiri dari teks, gambar, video, dan lainnya. Pemanfaatan server web berfungsi pula untuk mentransfer data dalam sebuah halaman web yang terkait, termasuk di dalamnya teks, gambar, video, atau lainnya. Pengguna, biasanya melalui aplikasi pengguna, meminta layanan atas berkas ataupun halaman web yang terdapat pada sebuah server web, kemudian server sebagai manajer layanan tersebut akan merespon balik dengan mengirimkan halaman dan berkas-berkas pendukung yang dibutuhkan, atau menolak permintaan tersebut jika halaman yang diminta tidak tersedia. Pemanfaatan server web saat ini tidak terbatas hanya untuk publikasi situs web dalam World Wide Web, pada prakteknya server web banyak pula digunakan dalam perangkat-perangkat keras lain seperti printer, router, kamera web yang menyediakan akses layanan http dalam jaringan lokal yang ditujukan untuk menyediakan perangkat manajemen serta mempermudah peninjauan atas perangkat keras tersebut

·              BROWSER
           Pengertian Browser adalah suatu aplikasi atau program yang dijalankan pada perangkat komputer untuk melihat konten yang ada pada media World Wide Web (WWW) dengan memanfaatkan jaringan internet. Teknologi browser yang berkembang saat ini tidak hanya dapat menampilkan halaman yang berisi text atau tulisan saja, browser-browser populer sekarang dapat menampilkan gambar, musik, suara, video, file pdf dan data lainnya.
Beberapa Nama Browser Populer yang pernah ada:
1.      Mozilla Firefox
2.      Google Chrome
3.      Safari Browser
4.      Opera
5.      Internet Explorer
6.      Netscape
7.      Flock
Semua browser di atas mempunyai kemampuan dasar yang sama, yaitu dapat membuka dan menampilkan konten atau dokumen-dokumen yang tersimpan pada sebuah web server. Proses komunikasi antara browser dengan web server sehingga dapat menampilkan konten tulisan dan gambar yaitu dengan menggunakan HTTP (Hypertext Tranfer Protocol).

·              TRANSACTIONS
              Transaction Processing System (TPS) adalah sistem informasi yang terkomputerisasi yang dikembangkan untuk memproses data-data dalam jumlah besar untuk transaksi bisnis rutin seperti daftar gaji dan inventarisasi. TPS melakukan transaksi operasional sekaligus mengurangi waktu, meskipun orang masih harus memasukkan data ke sistem komkputer secara manual.Transaction Processing System merupakan sistem tanpa batas yang memungkinkan organisasi berinteraksi dengan lilngkungan eksternal.


 Sumber : Wikipedia.co.id

Lebih baik tidak dikenal sama sekali daripada terkenal karena kebusukan dan keburukan

1 comment:

  1. Terima kasih untuk artikelnya, perkenalkan saya AMANDA MONICA (1922500162) dari http://www.atmaluhur.ac.id

    ReplyDelete