PENGERTIAN TEKNOLOGI GAME
A.
Pengertian
Teknologi Game
Teknologi game terdiri dari 2 kata, yaitu teknologi
dan game. Pertama pengertian dari teknologi. Kata teknologi sebenarnya berasal
dari Bahasa Perancis yaitu La Teknique yang dapat diartikan dengan semua proses
yang dilaksanakan dalam upaya untuk mewujudkan sesuatu secara rasional. Dalam
hal ini yang dimasukkan dengtan sesuatu tersebut dapat saja berupa benda atau
konsep, pembatasan cara yaitu secara rasional adalah penting sekali dipahami
disini sedemikian pembuatan atau pewujudan sesuatu tersebut dapat dilaksanakan
secara berulang.
Teknologi dalam arti ini dapat diketahui melalui
barang-barang, benda-benda atau alat-alat yang berhasil dibuat oleh manusia
untuk memudahkan dan menggampangkan realisasi hidupnya didalam dunia. Hal mana
juga memperlihatkan tentang wujud dari karya cipta dan karya seni menusia. Dari
sini muncul istilah teknologi yang
berarti ilmu yang mempelajari tentang techne manusia. Teknologi sebenarnya
lebih dari sekedar penciptaan barang, benda atau alat lain. Teknologi bahkan
telah menjadi suatu sisyem atau struktur dalam eksistensi manusia di dalam
dunia. Teknologi juga membentuk dan menciptakan suatu komunitas manusia yang
lain. Teknologi juga penerapan keilmuan yang mempelajari dan mengembangkan
kemampuan dari suatu rekayasa dengan langkah dan teknik tertentu dalam suatu
bidang.
Dan yang kedua adalah pengertian dari Game. Game
adalah sesuatu yang sangat digemari oleh anak-anak hingga orang dewasa. Game
berarti hiburan. Permainan game juga merujuk pada pengertian sebagai kelincahan
intelektual (intellectual playability). Sementara kata game bisa diartikan
sebagai arena keputusan dan aksi pemainnya. Ada target-target yang ingin
dicapai pemainnya. Kelincahan intelektual, pada tingkat tertentu, merupakan
ukuran sejauh mana game itu menarik untuk dimainkan secara maksimal.
Beberapa waktu lalu istilah game yang dalam bahasa
Indonesia adalah permainan identik dengan anak-anak selaku pemain. Tentunya dalam permainan itu
suatu kegiatan yang dilakukan oleh anak-anak yang menurut mereka itu dapat
menyenangkan hati mereka. Segala bentuk kegiatan yang memerlukan pemikiran,
kelincahan intelektual dan pencapaian terhadap target tertentu dapat dikatakan
sebagai game. Tetapi yang akan dibahas pada kesempatan ini adalah game yang
terdapat di komputer, baik off line maupun online.
Ada 2 cara yang dapat digunakan dalam membuat game,
yaitu :
1. Dengan
membuat sendiri program yang akan digunakan untuk membuat game (umumnya
professional game developer yang menggunakan cara ini).
2. Dengan
menggunakan program jadi yang tinggal kita gunakan.
Untuk membuat program sendiri tidak akan kita bahas
disini karena tujuan penulisan ini adalah untuk amateur game developer , tapi
sekedar pengetahuan saja, untuk membuat program sendiri kita harus memahami
bahasa pemrograman , dan untuk membuat program sendiri, kita dapat menggunakan
“Visual Basic”, “C++”, dll.
Jadi dapat kita simpulkan bahwa teknologi game
adalah proses baik berupa yang dilakukan system atau perangkat keras yang
dilaksanakan dalam upaya untuk mewujudkan dan mendukung kinerja dari game.
B.
BISNIS
GAME KOMPUTER
Di zaman modern ini, tidak dipungkiri lagi bahwa
game sangat berperan untuk sebagian besar pengguna teknologi, terutama pengguna
komputer. Game merupakan sarana hiburan di tengah padatnya aktvitas yang
dilalui. Namun, game ternyata juga dapat dijadikan sebuah bisnis yang
menjanjikan. Dengan hobi para gamer ini, tentu terdapat peluang untuk
mendapatkan profit.
Bisnis dalam game komputer berkembang pesat seiring
dengan berkembangnya teknologi canggih saat ini. Dahulu kita hanya dapat
menikmati game yang tersedia di dalam komputer itu sendiri, seperti pinball dan
solitaire. Namun sekarang sudah tersedia game online, dan juga games yang dapat
didownload baik free maupun berbayar. Games berbayar juga merupakan bisnis
karena sama saja dengan kita mengeluarkan uang untuk membeli sebuah barang.
Games berbayar ini biasanya memberikan kepuasan tersendiri bagi pembelinya,
karena terdapat fitur yang bagus di dalamnya. Perkembangan lainnya ialah warung
internet atau yang sering kita dengar dengan istilah warnet. Warnet kini
identik dengan game online yang mereka sediakan, adapun game berbayar yang
disediakan warnet sehingga kita hanya tinggal memainkannya. Baik anak kecil
hingga orang dewasa mempunyai hobi bermain game online ini. Dengan menyediakan
tempat, perangkat komputer yang lengkap, dan fasilitas pendukung lainnya,
membuat gamers betah berlama-lama untuk bermain.
Game/permainan adalah sesuatu yang sangat digemari
oleh anak-anak hingga orang dewasa. Game berarti “hiburan”. Permainan game juga
merujuk pada pengertian sebagai “kelincahan intelektual” (intellectual
playability). Sementara kata “game” bisa diartikan sebagai arena keputusan dan
aksi pemainnya. Ada target-target yang ingin dicapai pemainnya. Kelincahan
intelektual, pada tingkat tertentu, merupakan ukuran sejauh mana game itu
menarik untuk dimainkan secara maksimal.
Beberapa waktu lalu istilah “game” yang dalam bahasa
Indonesia adalah “permainan” identik dengan anak-anak selaku pemain. Tentunya dalam permainan itu
suatu kegiatan yang dilakukan oleh anak-anak yang menurut mereka itu dapat
menyenangkan hati mereka. Segala bentuk kegiatan yang memerlukan pemikiran,
kelincahan intelektual dan pencapaian terhadap target tertentu dapat dikatakan
sebagai game. Tetapi yang akan dibahas pada kesempatan ini adalah game yang
terdapat di komputer, baik off line maupun online.
Saat ini perkembangan games di komputer sangat
cepat. Para pengelola industri game berlomba-lomba untuk menciptakan game yang
lebih nyata dan menarik untuk para pemainnya. Hal inilah yang membuat
perkembangan games di komputer sangat cepat. Sehingga games bukan hanya sekedar
permainan untuk mengisi waktu luang atau sekedar hobi. Melainkan sebuah cara
untuk meningkatkan kreatifitas dan tingkat intelektual para penggunanya.
Aplikasi games dapat dijalankan pada berbagai
platform. Beberapa platform media yang bisa dijadikan pilihan untuk advergames
adalah :
1. Personal Computer berupa aplikasi games pada PC.
Games ini dijalankan pada personal computer. Pada media Personal Computer,
durasi waktu penayangan adalah tidak terbatas, selama games tersebut bagus dan mampu
menghibur audience/pemain, maka selama itulah tingkat kemungkinan untuk dilihat
audience akan semakin tinggi. Pembuatan Games ini biasanya menggunakan Language
C++ / C#, membutuhkan waktu 3-6 bulan tergantung dengan kompleksitas games
tersebut.
2. Web Based Games. Yaitu aplikasi games yang
diletakkan pada server di internet dimana audience/pemain hanya perlu
menggunakan akses internet dan browser untuk mengakses games tersebut.
Corporate yang memiliki keinginan mengumpulkan komunitas internet dan sekaligus
memperkenalkan product/brandnya kepada komunitas Internet sangat cocok memilih
media games online internet ini. Pilihan ini banyak digunakan karena dapat
meningkatkan traffic pada suatu website Bila games yang dibutuhkan simple maka
diperlukan waktu pengembangan yang relative lebih singkat 1-2 bulan.
3. SmartPhones/PocketPC. Aplikasi games yang jalan
pada mobile devices bersistem operasi Windows Mobile 2003/2004 ataupun windows
mobile 5.0. Product yang memiliki target market status ekonomi A,B dan karakter
pengusaha/ eksekutif muda sangat cocok apabila menggunakan media
PocketPC/SmartPhones sebagai bagian aktivitas kegiatan advertising. Games
bertemakan strategi ataupun simulasi bisnis pada umumnya lebih disukai oleh
orang-orang golongan ini. Waktu pengembangan biasanya memerlukan waktu 3-6
bulan tergantung dengan kompleksitas games tersebut
4.CellPhones / Mobile Phones. Aplikasi games untuk
cell-phones atau mobile phones sebenarnya bisa dimanfaatkan untuk mendapatkan
potensial pelanggan dengan golongan Status Ekonomi Responden A,B dan C. Produk
yang memiliki target golongan ABG, remaja, anak kuliah, eksekutif muda sangat
tepat menggunakan media ini, mengingat pada golongan inilah mereka suka sekali
mencoba dan mengeksplorasi features aplikasi yang tersedia pada
mobile/cellphones mereka. Mereka biasanya aktif mencari aplikasi bersifat fun
atau game yang dapat mengisi waktu senggang mereka. Waktu pengembangan untuk
membuat aplikasi pada devices ini relative lebih pendek yaitu 1-3 bulan
tergantung dengan kompleksitas games tersebut.
Industri game memang masih terbilang baru di
Indonesia. Kendati begitu, perkembangannya sudah sangat pesat dan menjadi
bisnis yang sangat menggiurkan. Penyebab utamanya adalah berkembangnya era
teknologi dan komunikasi.
Perkembangan ini terlihat dari banyaknya game center
yang terus bermunculan, terutama yang menyediakan jasa gameonline. Bukan tanpa
alasan game online menjadi semakin marak dan digandrungi, karena fasilitas
online memungkinkan sebuah game dapat dimainkan oleh 100 orang lebih secara
bersama-sama dalam satu waktu.
“Bisnis game online di dalam negeri masih besar,
disebabkan ekonomi Indonesia yang tumbuh di atas 6% dari tahun ke tahun.
Besarnya potensi pasar tersebut memberikan dukungan kepada Megaxus untuk tetap eksis,”
kata Eva Mulawati, Managing Director PT. Megaxus Infotech dalam peluncurangame
‘Heroes of Atarsia’ di Senayan City, Jakarta.
“(Bahkan) jumlah pemain game online Indonesia
meningkat antara 5% hingga 10% setiap tahunnya, terutama karena semakin pesatnya
infrastruktur internet,” tambahnya.
Masuknya game online ke Indonesia sendiri baru
terjadi pada tahun 2001 dengan masuknya Nexia Online. Sejak saat itu, berbagai
game dari masing-masing genre seperti action, sports, hingga RPG (Role-Playing
Game) terus bermunculan
Game menjadi gaya hidup
Akibatnya, tidak bisa dipungkiri bahwa game telah
menjadi gaya hidup tersendiri. Mulai dari game di Facebook, game offline (PC,
PlayStation, mobile), serta game online (PC dan mobile) kerap dimainkan oleh
masyarakat Indonesia. Komunitas-komunitas berbasis game pun bermunculan.
Alhasil, industri game pun jadi kian kompetitif.
“Industri game di Indonesia sangat marak dan
kompetitif dengan market potensial yang sangat besar,” ucap Eva. “Saat ini game
sudah menjadi sebuah lifestyle,” lanjutnya.
“Diharapkan, perkembangan industri game dapat
memperoleh perhatian dan dukungan pemerintah, karena industri game sangat
potensial dalam meningkatkan perekonomian negara,” harap Eva.
Menurut catatan Megaxus, sepanjang tahun 2013,
industri game di Indonesia mengalami peningkatan sebanyak 35% dari tahun
sebelumnya, dengan pendapatan senilai US$ 190 juta, dan ada lebih dari 25 juta
pemain game online (sekitar 80% via PC kemudian 20% lewat mobile).
Tren game
Meski hingga kini game yang dimainkan lewat PC masih
lebih ramai dibandingkan dengan mobile, namun menurut prediksi Megaxus, mobile
games akan populer dan menjadi tren. Jika benar, maka industri game di
Indonesia harus mulai membuat game berbasis smartphone dari sekarang.
“Industri game berikutnya akan lebih ke mobile,
karena penetrasinya sangat cepat, terutama di tahun 2014 ini,” jelas Eva.
Sementara ketika ditanya apakah Megaxus juga akan
membuat game versi mobile, Wida Handoyo, Marketing Manager PT. Megaxus Infotech
mengatakan, “Ya pasti, kita sedang berencana untuk membuat game mobile, tapi
kita masih belum bisa beritahukan secara pasti, game seperti apa dan kapan
dikeluarkannya.”
Contoh untuk bisnis dalam game komputer itu beragam.
Seperti kita dituntut melakukan pembayaran untuk game tersebut. Maksud dari
pembayaran ini adalah bagaimana perusahaan game online mendapatkan uang dari
gamesnya. Bedasarkan kategori ini games online dapat dibedakan menjadi 2 yaitu
:
A. Pay Per Item, game yang berada pada category ini
merupakan game yang bisa diinstall atau dimainkan secara gratis, dan game ini
biasanya mengenakan biaya pada pemainnya apabila pemainnya ingin cepat
menaikkan level atau membeli barang (item) langka yang tidak pernah dijumpai
pada permainan. Jenis game seperti ini yang paling dijumpai di Indonesia.
Contoh: Gunbound, Ragnarok, Ghost Online,dll.
B. Pay per Play, game ini harus dibeli dan diinstal
secara legal karena pada saat diinstal game terebut akan mendaftarkan pemain ke
internet langsung dan apabila yang diinstal adalah program bajakan maka secara
otomatis system akan memblokirnya. Contoh: War of Warcraft,dll.
Mungkin kita juga tidak asing mendengar permainan
Let's Get Rich. LGR merupakan permainan monopoly yang sudah dimodifikasi
sedemikian rupa. Ini merupakan game yang kita jumpai di gadget, baik android
maupun iOs. Dalam game ini kita sangat membutuhkan diamond yang berfungsi untuk
membeli item bagus yang dapat meningkatkan peluang kita untuk menjadi pemenang.
Diamond ini pun dapat dijadikan bisnis karena mengharuskan kita mengeluarkan
uang untuk mendapatkannya.
3.
3D ENGINE
Engine bukanlah executable program, artinya engine
tidak bisa dijalankan sebagai program yang berdiri sendiri. Diperlukan sebuah
program utama sebagai entry point atau titik awal jalannya program. Pada C++,
entry point-nya adalah fungsi ‘main().’ Biasanya program utama ini relatif
pendek, jadi game engine adalah program yang ‘memotori’ jalannya suatu program
game. Kalau game diilustrasikan sebagai ‘musik’ yang keluar dari mp3 player,
maka engine adalah ‘mp3 player’ dan program utama adalah ‘data mp3’ yang
dimasukkan ke dalam mp3 player tersebut.
Ada banyak mesin permainan yang dirancang untuk
bekerja pada konsol permainan video dan sistem operasi desktop seperti
Microsoft Windows, Linux, dan Mac OS X. fungsionalitas inti biasanya disediakan
oleh mesin permainan mencakup mesin render (“renderer”) untuk 2D atau 3D.
Di dalam game engine, terdapat fungsi-fungsi atau
modul-modul, antara lain :
·
Rendering engine
·
Physical engine (collision detection)
·
Sound script
·
Animation
·
Artificial intelegenct
·
Network
·
Streaming
·
Memory management
·
Scene graph
0 komentar: