DESAIN SKENARIO DAN SCRIPT GAME
a.
Desain
Skenario
Skenario
adalah urutan cerita yang disusun oleh seseorang agar suatu peristiwa terjadi
sesuai dengan yang diinginkan. Kalau dasar untuk pembuatan film adalah
skenario, maka dasar untuk membuat game adalah design document atau lebih mudahnya
disebut skenario game. Skenario game adalah langkah awal dalam membuat sebuah
game, dengan skenario game dapat mempermudah kita menyelesaikan game yang akan
kita buat. Skenario game adalah sebuah cerita khusus yang melatarbelakangi
kejadian – kejadian dalam game. Kalau skenario menentukan interior dan
eksterior, dekor, pemain, dan studio, serta pembuatan trik, dalam desain
dokumen ada ketentuan program game, grafik, tokoh, animasi, suara, dan musik.
Sampai di sini keduanya masih paralel. Berbeda dengan skenario yang merupakan
sekuens linier dari adegan, turn around point, dialog, dan seterusnya; design
documents adalah gabungan dokumen yang mendiskripsikan secara kompleks semua
segi game yang direncanakan.
Ditambah
lagi, berbeda dengan skenario, tidak bisa secara pasti ditentukan, dokumen apa
saja yang akan ditemukan dalam design documents, karena itu tergantung pada
gaya game yang akan dibuat. Hampir sama seperti pembuatan film dimana penulis
skenario pertama-tama menulis tema, kalau ada produser yang berminat, penulis
skenario membuat sinopsis, dan setelah mendapat persetujuan produser, baru
skenario dibuat, begitu juga prosesnya dalam merencanakan suatu judul game
komputer. Temanya dibuat dulu, kemudian konsep dan akhirnya design documents disusun.
Gambaran seperti ini adalah kondisi yang ideal, tidak semua pengembang melalui
proses ini, walaupun hal itu patut disayangkan. Cukup rumit bukan? Serupa namun
tak sama hehe.
Konsep seharusnya berguna untuk memberikan gambaran garis besar tentang
cerita, prinsip-prinsip mekanisme game, dan titik berat untuk gameplay. Karena
itu konsep mencakup prinsip-prinsip dasar, gaya game, kerangka peraturan,
sinopsis cerita (kalau ada cerita), karakteristik game, contoh misi, atau
situasi-situasi dalam game dan bisa juga diferensiasi perangkat pengguna atau
ada eek-efek khusus serta akhirnya unsur-unsur spesifik yang menjadi andalan
pencipta. Dalam penutup sinopsis seharusnya dicantumkan daftar unsur yang unik
dan orisinil serta faktor-faktor yang bisa dijadikan daya jual tinggi bagi
judul tersebut. Konsepnya biasanya ditulis setebal 5-10 halaman. Kalau konsep
sudah diterima, artinya sudah disetujui produser, dinilai positif oleh tim dan
sebagainya, desainer game mulai menulis dengan documents.
Dokumen ini tidak baku, selama
pengembangan bisa dimodifikasi atau diperbarui. Itu tidak berarti bahwa design
document tidak perlu dibuat lengkap dan serius. Seperti dalam kalimat pembuka,
semuanya perlu dipertimbangkan dan direncanakan dengan teliti, kalau tidak,
pekerjaan tim bisa mengalami banyak masalah. Apasaja yang tidak direncanakan
dengan baik akan menyebabkan kerugian waktu dan biaya dalam pelaksanaan proyek.
Tentu saja tidak segalanya bisa direncanakan sebelumnya, tetapi menurut teori
80/20, sekitar 80% pekerjaan bisa berjalan sesuai rencana.
Tidak ada patokan umum apa saja yang harus menjadi bagian design
documents, karena ada banyak perbedaan tergantung proyeknya. Tetapi dalam satu
hal semua dokumen sama, harus mendeskripsikan game secara kompleks maupun
mendetail. Setelah membaca design document, anda seharusnya memiliki gambaran
lengkap tentang produk akhir. Salah satu dokumen biasanya menjelaskan mekanisme
game. Sebagai bagiannya, misalkan untuk RPG dan strategi, adalah peraturan yang
menentukan dan mendiskripsi tipe objek dalam game berikut karakteristik serta
hubungan interaktifnya.
Bagian
lain membahas penerapan hukum fisika dalam dunia game dalam arti luas, misalkan
kekuatan alam yang dapat diterapkan dan bagaimana reaksi objek-objek dalam
game. Ada deskripsi lokasi secara lisan maupun dalam sketsa, skenario cerita,
bisa disebutkan diferensiasi perangkat pengguna. Dan sebaiknya ada daftar
monster (untuk RPG fantasi) atau daftar pasukan (untuk strategi). Singkatnya, dalam
struktur dokumen-dokumen ini seharusnya terdapat seluruh materi yang mencakup
seluruh aspek game. Baru berdasarkan design documents yang lengkap bisa ditulis
spesifikasi untuk rancangan engine atau modifikasi engine yang sudah ada, dan
rencana produksi. Bagian akhir dari design documents adalah catatan-catatan
desainer game, di mana dicantumkan misalnya ide-ide susulan atau perubahan yang
dilakukan berdasarkan hasil tes, dan seterusnya.
B. Script
Dalam
pemrograman komputer, naskah adalah sebuah program atau urutan instruksi yang
ditafsirkan atau dilakukan dengan program lain daripada oleh komputer
prossesor. Skrip (script) adalah semacam bahasa pemrograman dalam tingkat
kesulitan yang lebih rendah, tanpa aplikasi hasil kompilasi interpreter; skrip
biasanya disisipkan ke dalam bahasa pemrograman yang lebih kompleks dan hasil
skrip digunakan oleh bahasa pemrograman yang lebih kompleks itu.
Contohnya ialah penyisipan skrip assembly ke dalam program Pascal untuk
mengakses hardware pada level bahasa tingkat rendah. Skrip merupakan kumpulan
sintaks bahasa pemrograman yang siap untuk di-compile. Untuk mengetahui tentang
script, disini ada sedikit rangkuman tentang script :
Script adalah bahasa yang digunakan untuk menerjemahkan setiap perintah
dalam situs yang pada saat di akses.
Jenis script sangat menentukan statis, dinamis, atau interaktifnya
sebuah situs
Semakin banyak script yang digunakan maka akan terlihat semakin dinamis,
dan interaktif serta terlihat lebih bagus.
Bahasa dasar yang di pakai setiap situs adalah HTM
Macam-macam script, PHP, ASP, JSP, Java Script, Java Applets, VBScript.
REVIEW GAME ROCK LIFE :
ROCK LIFE
Game ini merupakan game bergenre arcade rocklife ini merupakan
game yang memakai objek gitar. Dalam game ini, kita seolah-olah menjadi anak
band yang memulai karir band tersebut dari bawah. Game ini memiliki level yaitu
town, big city, country, continent, world. Masing-masing level memiliki score
yang harus di lewati. Kemudia terdapat level lagi yaitu easy, medium dan hard.
Jadi seperti ini inti game rocklife
·
Town
SMALL GIGs 20/20= easy, medium, hard
Pro help
Extra Cash
Demo CD 7/7= easy, medium,hard
·
Big City
SMALL GIGs 20/20= easy, medium, hard
Pro help
Extra Cash
Demo CD 7/7= easy, medium,hard
·
Country
SMALL GIGs 20/20= easy, medium, hard
Pro help
Extra Cash
Demo CD 5/5= easy, medium,hard
·
Continent
SMALL GIGs 25/25= easy, medium, hard
Pro help
Extra Cash
Demo CD 7/7= easy, medium,hard
Untuk menurunkan level hard menjadi level bawah, kita harus
mengupgrade gitar yang kita punya sampai mendapatkan level easy.
Sumber : https://semuadikasih.com/
0 komentar: