PENAMPILAN GRAFIK GAME PADA KOMPUTER DAN HANDPHONE
Visibility
Pengertian
Visibility merupakan tampilan grafik scene game pada komputer.
Bagaimana sebuah game terlihat oleh user agar menarik dan berkualitas
sehingga user menikmati game tersebut.
Biasanya pada video game
terdapat istilah scene 2.5D. Sebenarnya istilah tersebut tidak berbeda
jauh dari scene 2D (dua dimensi). Hanya saja 2.5D memiliki beberapa
fitur tambahan berupa efek cahaya, bayangan dan sebagainya yang dibuat
agar seakan-akan menyerupai scene 3D.
Biasanya gameplaynya
memang mirip game 2D dimana kita hanya bisa bergerak secara horizontal
dan vertical namun beberapa gambarnya di render secara 3D. Teori grafik
2.5D ini biasa juga disebut dengan pseudo-3D sedangkan pada istilah game
lebih dikenal dengan isometric/diametric/trimetric projection.
Game bertipe ini menggunakan 2 macam tipe pemodelan:
- 3D (3 Dimensi) object/model, ini merupakan model/object 3D yang nantinya akan dijadikan sebagai karakter utama, bangunan, object-object seperti senjata, musuh, permukaan tanah, pohon, dan bukit. Object 3D seperti ini bisa dibuat dengan menggunakan program seperti 3DS Max, Maya, Hash, dan Blender.
- 2D (2 Dimensi) graphic, Gambar 2D juga berperan dalam membuat game ini yaitu sebagai texture untuk object, sebagai latar belakang seperti langit dan pemandangan, sebagai meteran untuk nyawa dan gambar untuk speedometer pada game racing.
- Kegunaan 2.5D dalam game adalah sebagai pengaturan gerakan seperti golden axe, double dragon, path finding yang biasanya cukup sederhana. Hal ini berguna untuk mengikuti posisi pemain dan agar game lebih 'hidup'. Pada video game, biasanya scene 2.5D ini lebih digunakan dalam visualisasi geografis (GVIS) untuk membantu memahami representasi visual spasial-kognitif atau visualisasi 3D.
Dalam grafik
komputer, akuntansi untuk Tingkat detail melibatkan penurunan
kompleksitas representasi objek 3D ketika bergerak menjauh dari penampil
atau sesuai dengan metrik lainnya seperti objek penting, kecepatan
sudut pandang-relatif atau posisi. Tingkat detail teknik meningkatkan
efisiensi render dengan mengurangi beban kerja pada tahap pipa grafis,
biasanya transformasi vertex. Kualitas visual yang berkurang dari model
sering tanpa disadari karena efek kecil pada penampilan objek ketika
jauh atau bergerak cepat.
Sumber:
http://prasetyokaton.blogspot.co.id/2016/03/pengantar-teknologi-game-materi-sap.html
0 komentar: